WHAT'S NEW?
Loading...

Translate

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TERNAK AYAM POTONG BROILER POLA MANDIRI

Hi Sobat Trade Network Agricultural and Fishing. Kali ini saya akan sedikit share pengalaman dalam melakukan ternak ayam potong khususnya adalah jenis ayam broiler. Jenis ayam broiler ini memang sangat primadona karena proses pembesarannya cukup hanya 35 hari. Nah dalam memulai berternak ayam broiler ada 2 macam  pola pilihan :
















1. Pola Kemitraan
2. Pola Mandiri

Pola Kemitraan
Pola kemitraan adalah peternak kerjasama dengan CV atau PT sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan. dengan sistem ini tidak cocok bagi pemula dan modal kecil atau sedikit karena membutuhkan modal yang besar dan tenaga yang ahli. Minimal persyaratan biasanya harus mempunyai kandang dengan kapasitas 3000 ekor, nah kebayang tuh berapa juta kita harus merogoh kocek. jadi saya tidak memilih pola ini hehehe, mungkin sobat bisa minat dengan pola ini maka siapkan modal dan tenaga yang ahli.

Pola Mandiri
Pola Mandiri ini adalah peternak tidak bekerjasama dengan perusahaan apapun dan bebas melakukan eksperimen sesuai kehendak si peternak. Lanjut saja karena ini pola yang saya pilih jadi langsung ke To The point.

Kelebihan Pola Mandiri
  • Kandang mau kita buat sedemikian rupa bebas dan yang terpenting kita sesuai dengan kondisi lingkungan tempat beternak dan bagaimana membuat ayam kita nyaman.
  • Modal tidak terlalu besar.
  • Bebas menjual produk ayam kemanapun atau punya kesepakatan tersendiri dengan pengepul atau pedagang ayam potong langsung pasar.
  • Ngak harus ahli kita bisa belajar mulai awal alias praktek langsung.
Kekurangan Pola Mandiri
  • Harga jual selalu ikut dengan harga yang dikeluarkan PT atau CV atau perusahaan alis kalah kuat pengaruhnya di pasaran. kita tidak bisa menyesuaikan harga jual sesuai dengan target laba yang kita inginkan menimbang dari biaya investasi dan biaya operasional yang telah kita keluarkan.
  • Ayam belum dijual melebihi target hari yang akan di capai pasti mengalami kerugian.
Nih sobat ayamku mana ayammu? hehehe 😆

Tips and trick :
  1. Pahami metode alur perdagangan ayam potong didaerah masing2 survey dulu lah.
  2. Tentukan berapa hari kita akan memanen.
  3. Hitung semua biaya operasional dan biaya penyusutan per bulannya sebelum memulai usaha jangan sampai melebihi dari target yang telah ditentukan.
  4. Usahakan bobot ayam minimal 1,8 kg karena apabila bobot tidak mencapai maka susah mendapat pembeli dan harga pasti akan turun alias banting harga.
  5. 10 Hari sebelum panen kita sudah mencari pasar atau pembeli sehingga pada saat panen ayam bisa langsung ambil da tidak molor hari.
Sekian dulu untuk postingan kali ini ya sobat mata saya sudah mulai mengantuk SEMOGA BERMANFAAT. jangan lupa bagi2 ayam ke tetangga sebelah saat panen hehehe. 

0 comments:

Post a Comment