WHAT'S NEW?
Loading...

Translate

Keuntungan Bisnis Sabut Kelapa, Omzet 10 Jt / Hari !!!

Kulit buah kelapa alias sabut kelapa mempunyai nilai ekonomi tinggi. Sabut kelapa mempunyai nilai tambah setelah sabut diolah menjadi serat atau cocofiber. Serat itulah yang dicari pasar sebagai bahan baku jok mobil, furniture, pot, geotekstil, maupun matras. Pasar ekspor dan domestik menyerap produk itu dalam jumlah besar.
Untuk ulasan produk olahan sabut kelapa baca juga peluang usaha produk sabut kelapa yang menguntungkan.
Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa kelapa merupakan tanaman yang mulai dari ujung daun sampai kepada akarnya berguna. Banyak diantara kita sebenarnya “buta” terhadap potensi yang bisa kita buat terhadap buah kelapa.
Dari sabut kelapa, kita bisa buat beberapa diversifikasikan produk, yang antara lain : Cocotail (Tali Tambang), Cocofiber, Cocopeat (Media tanam sebagai penahan air), Cococoir, Cocopot, Cocomesh (Jaring), dan masih banyak lagi.

Analisa Usaha Sabut Kelapa

Harga sabut kelapa di tingkat petani Rp 60/butir, maka untuk mengolah sekitar 21.000 butir sabut kelapa, pengusaha hanya memerlukan biaya operasional tidak lebih dari Rp 2.000.000 / hari. Itu sudah termasuk upah tenaga kerja dengan jumlah 40 – 50 orang.
Nilai harga 3 ton cocofiber di pasar internasional bisa mencapai Rp 12.000.000, karena cocofiber ekspor mencapai Rp 4.000/kg. Maka pengusaha akan mengantongi keuntungan sebesar Rp. 10.000.000/hari.
Pengamat Industri Perlengkapan, Iyus Supriatna mengatakan potensi produksi sabut kelapa yang sedemikian besar selama ini belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk kegiatan produktif yang dapat meningkatkan nilai tambah.
Dikutip : http://industri.bisnis.com/

Itulah keuntungan usaha sabut kelapa, memang dalam menjalankan usaha hal paling utama adalah memprioritaskan kualitas produk. Jika produk yang dibuat berkualitas, maka konsumen tak segan untuk menjalin kerja sama untuk masa depan perusahaan.
Tentu selain mengutamakan kualitas produk sabut kelapa, ketepatan waktu dalam memproduksi sabut kelapa menjadi kepercayaan tersendiri bagi konsumen. Nha untuk memproduksi bahan baku dalam jumlah banyak memerlukan mesin sabut kelapa, agar produksi semakin lancar.

0 comments:

Post a Comment