WHAT'S NEW?
Loading...

Translate

Pengertian, Tujuan, Manfaat Kegiatan Ekspor dan Impor

Pengertian, Tujuan, Manfaat Kegiatan Ekspor dan Impor

Sahabat genggaminternet.com Kali ini kita masih akan membahas mengenai Materi IPS yang mana kita akan mencoba membahas mengenai Ekspor dan Impor, maka judul artikel kali ini Manfaat Ekspor dan Impor. Nah apa saja si manfaat Ekspor dan Impor ini.?  Ada apa sih manfaatnya untuk negara Asia tenggara dan Khususnya Negara Indonesia, Nah untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memaparkan secara singkat tentang Pengertian, Tujuan serta manfaat yang bisa di dapat ketika suatu Negara melakukan Ekspor maupun impor ke Negara lainya, Tentu sebagian sobat sudah sangat mengerti apa itu yang di maksud dengan Ekspor ataupun apa itu yang di Maksud dengan Impor, akan tetapi untuk sobat yang belum mengerti tenang saja kita akan membahasnya di artikel ini.
Dunia ini penuh dengan berbagai urusan baik urusan pribadi maupun untuk urusan bersama. Terlebih suatu negara yang memiliki permasalahan kompleks mengenai tata hukun dan tata negara. Ada banyak hal yang harus dikerjakan untuk memnuhi sebuah negara yang maju dan makmur.

Untuk itulah sebuah negara tidak bisa lepas dari kegiatan yang mendatangakan keuntungan bagi negara dan masyarakatnya. Salah satu kegiatan yang mendatangkan keuntungan adalah kegiatan ekspor dan impor. Untuk pembahasan kali ini kita akan memberikan penjelasan mengenai pengertian, tujuan, dan manfaat kegiatan ekspor dan impor.





1. Pengertian ekspor dan impor

a. Pengertian Ekspor
Ekspor dalam bahasa sederhananya adalah kegiatan menjual barang dari dalam ke luar negeri. Misalnya saja Indonesia memiliki tumbuhan jahe yang luar biasa melimpah, untuk itu dunia internasional membutuhkan jahe untuk keperluan mereka. Nah karena kebutuhan seperti inilah yang menyebabkan perdagangan internasional dan Indonesia mengekspor jahe ke beberapa negara lain. Kesimpulannya adalah Indonesia telah melakukan kegiatan ekspor.
b. Pengertian Impor
Sedangkan pengertian impor adalah kegiatan yang menjual barang dari luar kedalam negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Misalnya saja Indonesia tidak memiliki tanaman gandum karena gandum tidak bisa tumbuh di Indonesia, untuk itu pihak Indonesia meminta bantuan negara lain untuk mendatangkan gandum ke Indonesia, nah hal inilah yang disebut dengan kegiatan impor.
Dua hal ini, baik ekspor maupun impor merupakan hubungan yang baik dan memiliki tujuan masing-masing. Bila kegiatan ekspor dan impor berjalan baik, maka ekonomo sebuah negara akan lebih maju.

2. Tujuan ekspor dan impor

Setelah mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian ekspor dan impor, sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan tujuan dari kegiatan ekspor dan impor. Berikut adalah tujuan dari ekspor dan impor.
a. Tujuan ekspor
  • Mengendalikan harga produk ekspor dalam negeri
  • Menciptakan iklim usaha yang kondusif
  • Menjaga kestabilan kurs valuta asing
b. Tujuan impor
  • Mengurangi keluarnya devisa keluar negeri
  • Memperkuat posisi neraca pembayaran
  • Memenuhi jebutuhan dalam negeri

3. Manfaat ekspor dan impor


Setelah mengetahui banyak hal tentang ekspor dan impor sekarang adalah waktunya Anda mengetahui manfaat kegiatan ekspor dan impor.
a. Manfaat ekspor
  • Memperluas pasar bagi Indonesia
  • Menambah devisa negara
  • Memperluas devisa negara
b. Manfaat impor
  • Memperoleh barang dan jasa yang tidak bisa dihasilkan.
  • Memperoleh teknologi modern
  • Memperoleh bahan baku.
Demikian adalah beberapa hal yang berkaitan dengan ekspor dan impor, dua kegiatan ini tidak bisa lepas dari urusan ekonomi karena apa pun itu satu negara dan lainnya pasti saling membutuhkan. Hanya saja porsinya harus disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak mendatangkan dampak negatif bagi masyarakat Indonesia.
Sobat genggaminternet.com juga bisa membaca artikel atau materi IPS lainya yakni Kebutuhan Dan Kelangkaan Sumber Daya serta Contoh Kebutuhan Primer. silahkan saja sobat baca untuk menambah wawasan dan yang pastinya Untuk ulangan dan Ujian Sekolah materi tersebut akan hadir. Jadi jangan malas untuk terus belajar ya, Karena Tidak ada orang yang sukses tanpa harus bekerja keras dan pantang menyerah terlebih dahulu. saya yakin sobat genggaminternet.com juga bisa melakukanya, dan bisa menjadi orang yang sukses dan bermanfaat untuk Bangsa yang besar ini yakni Bangsa Indonesia.

0 comments:

Post a Comment